Slank

Siapa yang tidak kenal nama Band Slank, band yang termasuk dalam jajaran band papan atas Indonesia ini berdiri pada tahun 1983 dan pertama kali di bentuk oleh Bimbim (drumer). Karena bosan membawakan lagu-lagu rolling stones, maka Bimbim memutuskan untuk membuat lagu sendiri. Awal mulanya bimbim mempunyai band Cikini Stones Complex saat masih membawakan lagu-lagu milik band lain. Ketika Slank hadir, maka sejak saat itu mereka tampil dengan lagu original karya Bimbim.

Kata “Slank” sendiri muncul begitu saja saat memilih nama baru untuk band, terinspirasi dari gaya mereka yang selengekan (prokem) yang artinya urakan. Debut album Slank “Suit… Suit.. He.. He..” berhasil mencuri perhatian publik sekaligus menampar belantika musik Indonesia yang kala itu masih berlingkup dengan tembang Malaysia. Hadirnya Slank dengan single “Maafkan” merupakan warna baru dan akhirnya merubah trend genre musik melayu di Indonesia menjadi lebih bernuansa Rock & Roll seperti yang Slank tampilkan pada lagu “Suit Suit He He” di album yang sama.

Pada album ketiga Slank harus berganti-ganti anggota karena sikap Bimbim dan Kaka saat itu sudah tidak dapat ditoleran lagi oleh personel lainnya akibat dari ketergantungan narkoba. Munculnya Abdee (gitar) dan Ridho (gitar) merupakan titik awal perjuangan Slank melawan ketergantungan narkoba. Hadirnya dua anggota baru tersebut yang sama sekali tidak mengkonsumsi narkoba memberikan dukungan kepada Bimbim dan Kaka untuk lepas dari jeratan narkoba.

Band yang masuk dalam jajaran artis dengan bayaran termahal ini masih aktif dalam pertunjukan-pertunjukan di berbagai kota serta banyak terlibat dalam berbagai acara konser amal.